Citizen Journalism

Citizen journalism atau jurnalisme warga merupakan sebuah bentuk karya jurnalistik dimana warga biasa atau masyarakat awam melakukan tugas jurnalis, seperti melaporkan informasi kepada khalayak luas melalui media. Bahkan, ada kalanya masyarakat juga melakukan analisis terhadap suatu peristiwa dan hasil analisis tersebut disiarkan melalui media.

Bentuk jurnalistik ini semestinya sudah dikenal pada 1980-an dengan nama civil journalism atau public journalism. Namun saat itu tugas kewartawanan masih sepenuhnya menjadi tanggung jawab media dan bukan masyarakat.

Media yang acap menjadi saluran untuk menyampaikan informasi kebanyakan adalah social media seperti twitter, facebook dan beberapa social media lainnya. Memang tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan eksistensi citizen journalism. Pergeseran media cetak ke arah media online seolah makin memantapkan keberadaan citizen journalism.

Citizen journalism bisa dilakukan dengan melalui media massa konvensional, dimana laporan disunting terlebih dahulu sebelum disiarkan. Tetapi, sangat besar kemungkinan citizen journalism langsung dilakukan sendiri oleh warga yang bersangkutan dengan melaporkan sebuah peristiwa melalui social media maupun blog. Harus diingat, tidak semua blogger adalah citizen journalist.

About fannylesmana4communication

I'm a special and simple person. Reading is my habit that I always do in every single time that I have... Novel is the one I love. That's I want to share in this blog is just a little bit that I have known about communication (and journalism also).
This entry was posted in Jurnalistik Dasar. Bookmark the permalink.

2 Responses to Citizen Journalism

  1. segendodol says:

    mengapa bloger tidak semuanya Citizen journalis bu?
    apakah karen tidak tidak semua yang di tuliskan di Blognya adalah karya jurnalistik?

    • karena tidak semua isi blog berisi karya jurnalistik… ada yang hanya berisi catatan harian yang tidak berkaitan dengan kepentingan khalayak banyak… ada juga blog yang berisi resep masakan dan content lain yang tidak bisa dianggap sebagai karya jurnalistik🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s