Teknik Mencari Berita

Dalam proses pencarian berita, kita akan memelajari beberapa teknik mendasar. Perlu diingat, teknik-teknik ini tidak dapat berdiri sendiri. Artinya, bisa saja proses pencarian berita dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik secara bersamaan.

Beberapa teknik pencarian berita adalah:

PARTISIPASI

Merupakan sebuah teknik mencari berita dengan mengandalkan pada keberadaan jurnalis sebagai partisipator dalam sebuah kegiatan. Kelebihan teknik ini, jurnalis mudah masuk dalam sebuah kegiatan yang tengah diliputnya sehingga tidak sulit mendapat informasi kejadian maupun pernyataan dari narasumber yang terkait dengan peristiwa yang diliputnya. Kelemahan, jurnalis bisa jadi sangat tidak objektif karena memiliki ikatan emosional baik dengan peristiwa, narasumber maupun hal-hal lain yang terkait dengan peristiwa tersebut.

OBSERVASI

Merupakan teknik pencarian berita dengan mengandalkan pada keberadaan jurnalis di lapangan. Indra penglihatan, pendengaran serta penciuman menjadi alat yang sangat vital dalam menggunakan teknik ini. Jurnalis dituntut benar-benar mengandalkan panca indranya dalam melaporkan sebuah peristiwa maupun menyampaikan kutipan berdasarkan pernyataan narasumber. Kelebihan dari teknik ini, objektivitas jurnalis bisa diandalkan. Kelemahannya, jurnalis bisa saja kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang peristiwa yang terjadi maupun sulit untuk menghubungi narasumber yang terkait dengan peristiwa tersebut.

VOX POP

Merupakan sebuah kegiatan teknik mencari berita dengan mengumpulkan pendapat masyarakat. Berasal dari kata vox populi yang berarti suara rakyat. Biasanya, dilakukan bila terkait dengan peristiwa atau pernyataan narasumber yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Misalnya perihal kenaikan BBM, TDL, penghapusan biaya pendidikan tingkat dasar hingga menengah.

WAWANCARA

 

RISET DOKUMENTASI

About fannylesmana4communication

I'm a special and simple person. Reading is my habit that I always do in every single time that I have... Novel is the one I love. That's I want to share in this blog is just a little bit that I have known about communication (and journalism also).
This entry was posted in Teknik Mencari Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s